Setelah belajar dari temen-temen blogger lainnnya tentang bagaimana agar blog kita mendapat ranking di mesin pencari (Google, Yahoo, AOL, MSN) lewat pendalaman tentang SEO, saya mencoba membuat beberapa kesimpulan mendasar tentang teori Basic of Search Engine Optimization. Oke kita mulai..

SEO basic 1 :

Sekarang kita mulai dari definisi dari SEO. SEO adalah singkatan dari SEARCH ENGINE OPTIMIZATION.Yang berarti sebuah langkah optimasi untuk web dan blog agar berada di posisi teratas dari Search engine.Dan SEO itu berbeda dengan mendesain sebuah web,SEO adalah tahapan ke dua,yaitu optimasi sebuah web yang sudah jadi.

SEO adalah sebuah tindakan murni dari kita untuk membuat web kita berada di posisi 10 besar google,dan SEO berbeda dengan PPC seperti Google adsense.Jika kita menggunakan jasa Google adsense,posisi web kita akan berada di bagian atas dan bagian kanan dari hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang kita gunakan.Tapi kita harus mengeluarkan banyak uang untuk itu.

Jika anda menggunakan Jasa Google adsense,anda tidak perlu tindakan optimasi sama sekali,yang anda butuhkan hanyalah uang yang banyak untuk membayar biaya iklan di Google adsense.

Di google,per halaman anda akan melihat 10 list teratas sesuai dengan kata kunci,dan kebanyakan orang yang mencari sesuatu menggunakan search engine hanya melihat posisi 1 dan ke 2 saja.Tidak banyak yang melihat sampai posisi ke 10 apalagi 20.Maka usahakan agar optimasi anda berada di posisi 1 atau 2,walaupun itu bukan lah pekerjaan yang mudah.

Lebih baik posisi web anda di posisi 1 atau 2 google dengan kata kunci yang di cari 1000 kali per bulan,dari pada anda berada di posisi ke 20 atau 30 dengan kata kunci yang dicari jutaan orang per bulan.

SEO basic 2 :

Web anda harus search engine friendly.Search engine menggunakan sebuah sistem yang bernama "spider" atau "bot" untuk melihat web anda.Usahakan agar web anda tidak ada koding yang eror,cara yang termudah untuk mengecek,anda bisa menggunakan Dreamweaver.

Usahakan setiap page/halaman web anda berisi text,karena spider akan mengecek halaman page yang berisi text.Usahakan mengurangi penggunaan flash dalam web anda,karena search engine sulit mendeteksi page yang berbasis flash,dan itu akan membuat web anda di posisi yang buruk.

Buatlah sitemap untuk web anda.cara yang termudah anda bisa menggunakan Sitemap generator tools.Anda bisa mencari nya di google.Banyak kok referensi nya.Site map akan membuat web anda lebih mudah untuk di deteksi oleh search engine.

SEO basic 3 :

Aspek terpenting dari SEO adalah Keyword.Keywords adalah kata-kata yang anda ketikan pada kolom search engine untuk mencari web yang sesuai dengan kata kunci tersebut.Buatlah kombinasi kata-kata yang mengarah pada website anda,cobalah dan lihat hasilnya.

Gunakan keyword yang tepat untuk web anda dengan menggunakan tools dari google.Anda bisa menggunakan Google keyword tools di :

https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal


Ketika anda sudah menemukan keyword yang tepat,anda lihat dulu di google mengenai pesaing yang menggunakan keyword yang sama dengan anda,sehingga anda bisa mengetahui kemungkinan posisi anda di search engine.Ini di namakan keyword research.Saya akan bahas ini lebih mendalam pada artikel selanjutnya ya.

Untuk web yang memiliki umur yang masih relatif baru,anda bisa menggunakan kombinasi keyword untuk mempermudah posisi web anda untuk berada di posisi teratas di search engine.Contoh :

Anda memiliki tema blog mengenai BLOG BUAT BISNIS.

Maka gunakan kombinasi keyword antara : BLOG dan BUAT BISNIS


Maka anda bisa menggunakan keyword dan title tag : BLOG BUAT BISNIS

Dengan kombinasi seperti itu,lebih mudah untuk mengoptimasi web anda.Dibandingkan anda menggunakan keyword "BISNIS" atau "BISNIS ONLINE".

Gunakan keyword tersebut pada :

- title tag
- keyword tag
- deskripsi web
- artikel
- alt image
- dsb...



SEO basic 4 :

- Jangan menggunakan trik pada optimasi anda. Misalkan anda menggunakan kata-kata yang berisi keyword pada artikel anda yang anda beri warna putih,sehingga seolah-olah tidak terlihat oleh orang,padahal itu berisi tumpukan kata-kata keyword anda.Ketika google mendeteksi ini,maka web anda akan di buang dari index google.

- Jangan membuat artikel yang hanya penuh berisi tumpukan keyword anda, tanpa ada kalimat yang jelas,dan membuat pembaca anda merasa aneh dengan keyword anda.Kalau istilah nya sekarang adalah "menembak keyword".Anda boleh menembak keyword,tapi artikel anda harus tetap mempunyai kalimat yang enak di baca dan tidak terkesan hanya menggunakan keyword saja pada artikel untuk meningkatkan trafik.

- Jangan menggunakan keyword yang berulang-ulang pada title dan alt image,seperti "bisnis,bisnis,bisnis".Ini juga bisa membuat web anda di banned oleh google.

Gunakan lah SEO sesuai dengan peraturan yang anda, jangan menggunakan trik-trik yang melanggar aturan google,yang juga biasa disebut dengan "BLACK HAT SEO".

SEO basic 5 :

Usahakan setiap page pada web anda mempunyai link ke page yang lain.Jika pada blog,usahakan anda banyak mendapatkan backlink dari blog lain yang mengarah pada blog anda.Agar anda banyak mendapatkan backlink,jadikanlah blog/web anda blog/web yang berkualitas.Search engine sangat menyukai ini,karena ini berarti bahwa page web/blog anda dianggap penting oleh orang lain,maka link ini bisa meningkatkan posisi web anda di posisi search engine.

Jangan menggunakan "doorway page".Yaitu sebuah halaman khusus yang sengaja dibuat untuk optimasi,yang hanya berisi kumpulan keyword web anda.Ini juga akan membuat web anda di banned oleh google.

SEO basic 6 :

Optimasi page anda dengan 1 atau 2 keyword saja.Lebih dari itu akan mengurangi rasio keyword anda di search engine ( untuk kasus ini,saya sendiri menggunakan 3 keyword untuk optimasi web saya pada title tag,dan itu tidak menjadi masalah,masih tetap berada di posisi atas google ).Kalau untuk deskripsi blog dan header,saya sendiri tetap menggunakan 2 atau 3 keyword.

SEO basic 7 :

Sabarlah.Untuk optimasi SEO itu membutuhkan banyak waktu,dan bukanlah hal yang mudah,karena kita harus "bertarung" dengan pesaing-pesaing dengan web yang menggunakan keyword yang sama dengan kita.

Sering-seringlah melakukan trial and error,terus melakukan riset untuk mendapatkan hasil yang terbaik,cari ilmu seo dari blog-blog,dari searh engine,dari buku,dll...

Mulailah optimasi web anda sekarang juga, karena semakin anda menunda,maka akan semakin lama waktu yang anda butuhkan untuk optimasi web anda.

tapi yang paling penting dalam meng-optimasisasi web/blog anda adalah harus sabar yang tiada ujung, sebab siapa yang sabar akan di sayang Goggle..hehehe...lho kenapa?. Karena dalam meng-optimisasi blog/web butuh waktu berbulan-bulan agar bisa mendapat ranking di hasil pencarian halaman pertama di search engine.

So keep practicing guys...