Tinggal beberapa jam lagi pemilu akan digelar, siap atau tidak siap bangsa ini harus melakukan sebuah perhelatan besar, sebuah pertarungan melawan nasib sendiri negeri ini, apakah akan menjadi lebih baik atau malah semakin terpuruk dari tahun ke tahun.Padahal sudah H-1, saya pribadi belum mendapatkan kartu pemilih dari RT setempat, niatnya sih mau secara sukarela mendatangi RT-nya, mungkin juga Pak RT lupa membagi-bagikan kepada warganya, ya sudah saya terus menunggu dan menunggu.

Dilihat dari persiapan KPPS, tenda tempat pen-contrengan pun belum terbentuk, warga masih asik dengan kegiatan sehari-hari, malah ada yang tidak tahu sama sekali bahwa besok ada pemilu, ck..ck..hebat.

Mungkin ini yang disebut dengan kurangnya sosialisasi pemilu, sehingga banyak warga sepertinya emoh untuk mengikuti kegiatan pemilu tahun ini, ataukah memang terlalu banyak parpol yang mengikuti pemilu tahun ini, saya sendiri tidak tahu.

Sebuah fenomena demokrasi di negeri yang terus belajar arti kepemimpinan rakyat, rakyat yang ingin menentukan jalannya pemerintahan, namun disisi lain, pembelajaran itu tidak sepenuhnya diikuti oleh niat para elite politik untuk mendidik rakyat agar tahu cara ber-politik yang benar. Justru keran reformasi yang sudah bergulir 10 tahun lebih, tidak bisa membentuk pola pikir para anak bangsa untuk bisa membuat negeri ini menjadi lebih baik.

Kembali pada soal mencontreng besok, kira-kira sudah punya bayangan caleg dari parpol mana yang bakal anda contreng...?

Semoga bermanfaat,



Artikel yang berhubungan erat :