miss universeAjang tahunan paling bergengsi sedunia Miss Universe 2009 yang menampilkan seorang wanita cantik, elok, dan pintar, lengkap dengan mahkota di kepala adalah ajang untuk memperebutkan gelar wanita tercantik sejagad yang paling banyak diikuti oleh berbagai negara dari belahan dunia ini. Entah apa perbedaannya dengan kontes sejenisnya miss world, namun yang pasti Indonesia sudah beberapa kali mengikuti kontes yang salah satu penilaiannya adalah harus mengenakan pakaian renang oleh para pesertanya.

Ada kebanggaan tersendiri dikala seorang wanita berada di atas panggung Miss Universe. Disamping sebagai simbol bagi negara yang diwakilinya, juga merupakan ajang pembuktian bahwa wanita juga bisa berperan aktif di panggung dunia sebagai duta PBB jika misal terpilih nantinya. Dan juga membuktikan bahwa wanita juga bisa berkarir cemerlang tidak kalah dengan kaum adam.

Namun ada yang mengganjal di benak saya, mengapa Indonesia sepertinya "ngotot" dari dulu untuk terus ikut dalam konter Miss Universe", padahal tanpa perwakilan dari ajang tersebut toh Indonesia memang sudah dikenal dengan kekayaan alam dan budaya yang cantik dan tiada tanding di dunia ini.

Memang seperti prestasi Artika Sari Devi yang sempat menembus 15 besar patut di acungi jempol pada saat itu, namun kini di tahun 2009 Indonesia kembali mengirimkan wakil-nya ke kontes tersebut, namun sayangnya tidak berhasil untuk bisa membawa pulang mahkota Miss Universe tersebut ke negeri tercinta ini.

Jadi kapan kita bisa menang di kontes itu?, pertanyaannya adalah bukan itu, tapi sampai kapan kita mau ikut di kontes tersebut. Saya fikir banyak wanita-wanita Indonesia yang tidak kalah cantiknya dan tidak kalah pintarnya dibanding dengan wanita dari luar negeri, namun untuk mengejar gelar Miss Universe adalah tidak mudah dan tergolong sangat tinggi kriterianya.

Dan yang paling sering menimbulkan pro dan kontra tentang keikutsertaan Indonesia dalam ajang Miss Universe adalah kontestan harus mengenakan pakaian renang sebagai salah satu syarat dari penilaian juri. Dan anehnya walau sering banyak yang memprotes tapi tidak sedikit pula yang mendukung wakil Indonesia untuk berlaga di ajang tersebut.

Saya pribadi berfikir apakah dengan ketidak-ikutsertaan kita dalam ajang tersebut lalu bangsa ini menjadi bangsa yang tidak dikenal didunia?, masih banyak cara untuk memperkenalkan negeri ini di mata dunia selain mengikuti kontes tersebut.

Menurut anda apakah Indonesia harus terus-terusan ikut ajang Miss Universe? penilaian ada pada anda.