Diantara banyak cara berpromosi produk dan jasa, website bisa menjadi salah satu pendukung promosi usaha pebisnis. Jalan ini sangat membantu memperluas wilayah promosi disamping juga mempermudah komunikasi dan interaksi dengan klien/pelanggan dengan biaya yang relatif murah.

Membuat website mungkin adalah hal yang mudah. Namun memiliki website yang bagus dan mengena pada tujuan pembuatannya tidaklah segampang yang dibayangkan. Perlu persiapan khusus agar tujuan pembuatan website dapat tercapai. Karena kendati website sudah umum digunakan, belum tentu website di sebuah usaha akan bekerja persis sama dengan website di usaha lainnya.

Mungkin pebisnis yang baru ingin membangun website masih awam memiliki beberapa pertanyaan terkait dengan pembuatan website. Score, sebuah konsultan usaha kecil di Amerika Serikat, dalam websitenya www.scorerochester.org, memberikan beberapa tips bagi pebisnis kecil yang berencana membuat website usaha. Butuh sebuah web untuk bisnis kecil Anda? Cek terlebih dahulu 5 tips berikut untuk membantu Anda memulainya.
1. Line produk Anda seharusnya bisa disampaikan secara ekonomis dan secara nyaman melalui email atau melaui internet
2. Web mengijinkan Anda untuk memasarkan kepada pelanggan di luar lokasi geografi Anda. Produk Anda seharusnya bisa mengetuk hati masyarakat sebuah negara atau yang lebih luas
3. Bandingkan biaya teknologi baru dengan biaya tembok saat ini dan biaya adukan semen, seperti sewa tempat, tenaga kerja, persediaan dan biaya percetakan
4. Sadari bahwa level the world wide web bermain mendasar- dengan adanya website usaha Anda dapat terlihat seperti sebuah perusahaan besar dengan website yang besar.
5. Gambarkan pengunjung dengan mudah berkunjung ke website Anda. Bangun dan tumbuhkan aliansi bahwa link menuju website Anda free alias tidak dipungut biaya
Setelah memiliki website, tentunya pebisnis ingin website disenangi oleh pengunjung sasaran. Nah, Score juga memberikan langkah praktis untuk mendapatkannya. Adapun 5 tips untuk meningkatkan website adalah:
Cek tips berikut untuk membuat kehadiran bisnis online usaha kecil Anda lebih baik.
1.Kunjungi halaman website perusahaan lain untuk menemukan apa yang Anda suka dan tidak. Apakah beberapa halaman kelihatan ‘bekerja’ ketika yang lainnya tidak?
2.Putuskan apa tujuan yang website Anda ingin temui. Apakah Apakah Anda ingin kesenangan, lucu, yang mendidik, ‘cool’ atau semuanya?
3.Pertimbangkan budaya perusahaan Anda dan image perusahaan Anda. Website Anda seharusnya mendukung keduanya.
4.Disain atau disain ulang website untuk menemui tujuan Anda. Meskipun Anda memiliki staf tenaga ahli yang nyata , hire perusahaan konsultan untuk melakukan pekerjaan tersebut.
5.Berikan umpan balik. Tanyakan pada pelanggan bagaimana website Anda dapat dibuat lebih berguna untuk mereka, dan tetap tingkatkan. (SH)